Minggu, 17 Mei 2020

Fakta Menarik Tentang Pura Lot Pulau Bali

Dari beberapa destinasi yang ada pada pulau bali tentu nya ada destinasi pura lot yang memang sudah sangat populer, banyak para wisatawan asing pun yang mengunjungi pura yang satu ini. pura lot memang terkenal dengan keindahan pantai yang sangat eksotis yang dimana pura nya itu terletak diatas karang besar yang berada di dasar laut lepas, dengan hal seperti ini tentu nya menjadi daya tarik para wisatawan yang dimana tempat ini tidak hanya indah saja akan tetapi memiliki nilai keunikan, karakteristik, agama hindu, yang menyatu pada wisata ini. 

seperti kita ketahui bahwa pura itu tempat peribadatan masyarakat hindu, akan tetapi kini tempat ini tidak hanya menjadi tempat peribadatan agama hindu saja yang dimana sudah menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi. Karena dari pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa yang menjadikan siapa saja yang melihat nya sangat menyukai pura lot menarik ini.


Beberapa cerita tentang pura lot menarik


Selain dari keindahan yang terdapat pada pura lot ini tentunya ada beberapa fakta menarik yang memang harus kalian ketahui yang terdapat pada pura ini. pada setiap tempat pasti memiliki karakter mistik, unik serta hal yang menarik yang tentunya sudah ada sebelum sebelum nya. dari pembahasan kali ini akan  membahas tentang fakta menarik yang terkandung pada pura lot ini.


  • Asal usul pura lot
    Mungkin banyak yang belum mengetahui mengapa dinamakan sebagai pura lot, lot yang berarti tanah, pura yaitu salah satu nama tempat peribadatan masyarakat agama hindu. Makan dinamakan nama pura lot karena memang yang seperti kita lihat bangunan yang terdapat pada karang besar yang terletak di pesisir pantai itu memiliki bangunan yang mirip sama hal nya dengan tempat peribadatan agama hindu lainya. jadi karena memang itulah tanah tempat peribadatan agama hindu yang bahkan sampai sekarangpun tempat itu dipakai oleh masyarakat agama hindu untuk beribadah memuji tuhan nya.  

    Akan tetapi nilai yang terdapat pada tempat ini pun tidak hanya ada nilai agamis nya saja, selain itu juga memiliki nilai keunikan yang dimana tempat ini terletak pada karang yang sangat besar yang berada di pesisir pantai yang dimana membuat para wisatawan lebih menarik untuk mengunjungi nya. selain itu juga nilai keindahan yang terdapat pada pulau ini pun bisa dibilang sangat luar biasa keindahan nya yang alami dengan dihadapi keluasan pantai serta udara sejuk yang membuat para wisatawan lebih menikmati akan keindahan nya.

  • Dahulu nya bernama gili beo
    Awal mula pura lot ini memang di nama kan dengan gili beo yang berarti pulau kecil yang menyerupai burung beo, gili berarti pulau, sedangkan beo adalah burung beo. Sejarah ini memang sangat kental dengan perjalanan seorang pendeta suci pada masa itu yang dimana menyebarkan agama hindu pada saat itu di pulau bali, dan tempat ini menjadi salah satu obyek pertama seorang pendeta yang menyebarkan agama nya.

    Akan tetapi seorang pendeta pun tidak disukai oleh penduduk setempat nya karena disangka sangka sudah menyebarkan ajaran nya yang tidak sesuai, yang dimana pada saat itu para pengikut bendesa beraban sakti mengusir pendeta itu dengan menggiring nya ke tempat ini yang dimana di sini lah terjadi perubahan nama menjadi Pura Lot menarik kali ini.

  • Piodalan
    Yang belum mengetahui piodalan itu apa, yaitu salah satu upacara adat agama hindu yang biasa dilakukan pada 4 hari setelah raya kuningan atau setiap 6 bulan kalender saka bali. Yang dilakukan oleh masyarakat agama hindu untuk melakukan nya, yang dimana pura lot ini  memang sangat kental dengan nilai keagamaan hindu yang masih melekat dikalangan masyarakat sampai saat ini, sebelum melakukan peribadatan untuk memasuki pura lot itu pun masyarakat hindu biasa nya melakukan beberapa upacara adat dengan membasahi wajah dengan menggunakan air dari mata air suci yang dimana bertujuan agar hati siapapun yang ingin memasuki pura itu untuk ibadah terlihat suci.

  • Mitos yang dipercayai agama hindu
    Ada beberapa mitos yang dipercayai masyarakat hindu dari dulu sampai sekarang, yang dimana ada beberapa ular yang berpenghuni pada pura lot menarik ini. yang dipercayai sebagai ular penjaga atau kuncen untuk menjaga kesucian pura ini dari hal hal yang sifatnya mengganggu. Ular ini jenis ular laut dengan warna belang hitam putih yang tentunya sangat berbisa dan mematikan ketika merasa terganggu, ada beberapa mitos yang dipercaya juga bahwa ular ini dapat mengabulkan beberapa keinginan masyarakat hindu ketika berdoa dan menginginkannya.

    Dan ada beberapa mitos lainya yang dipercayai masyarakat hindu lainnya yang berlaku sampai saat ini yang dimana mitos itu sudah ada memang dari jaman nenek moyang nya yang berlaku juga pada saat itu.


Itulah beberapa fakta unik yang berada dan berlaku di pura lot ini, yang dimana memang sudah sangat dipercaya dan melekat dengan pada masyarakat hindu saat ini. akan tetapi dengan adanya nilai nilai atau fakta unik ini itu menjadi daya tarik masyarakat lain nya bahkan wisatawan asing yang memang ingin mengetahui beberapa makna nya tersendiri yang dimana menjadikan pura lot menarik ini menjadi pusat perhatian.